Keunikan Kampung Seni di Solo, Wisata Edukasi

Berbicara mengenai Kota Solo, tentu saja tidak akan jauh dari kata kuliner dan juga budaya. Memang, kota yang terletak di provinsi Jawa tengah ini sudah tersohor akan kekayaan kuliner dan juga budayanya. Maka tidak heran jika Solo sendiri sering dijuluki sebagai Kota Budaya. Salah satunya juga disebabkan karena adanya dua keraton yang telah berdiri megah berdampingan di kota tersebut. Yakni Keraton Kasunanan Surakarta dan juga Keraton Pura Mangkunegaran.

Keunikan Kampung Seni di Solo, Wisata Edukasi

Meskipun saat ini zaman sudah semakin modern dan juga sudah serba canggih, nyatanya tidak sedikit masyarakat Solo yang juga masih berupaya mempertahankan budaya mereka serta tradisi mereka yang sudah ada sejak ribuan tahun silam. Ini juga terbukti dengan adanya beberapa kampung seni yang terdapat di wilayah Solo, yang hingga kini. Contohnya seperti kelima kampung seni yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah kampung seni yang terdapat di Solo, yang tidak hanya unik tapi juga kaya akan berbagai macam nilai budaya dan kearifan lokal.

Kampung Batik Laweyan

Batik dan juga kota Solo adalah dua hal yang sangat lekat dan juga tak terpisahkan. Rasanya belum afdol bila anda bertandang ke Solo tanpa membeli beberapa kain ataupun membeli baju batiknya. Memang ada banyak sekali toko yang menjual batik di kota ini, tapi jika anda ingin menikmati suasana berbelanja batik yang sedikit berbeda, anda bisa berkunjung ke Kampung Batik Laweyan.

Di kampung ini anda nantinya tidak hanya bisa membeli kain batik saja, tapi juga dapat melihat langsung bagaimana proses pembuatannya. Kampung yang terletak di sisi selatan Solo tersebut, akan memanjakan mata anda dengan bangunan bernuansa masa lampaunya, yang sampai sekarang ini masih digunakan sebagai salah satu satu pemukiman penduduk, yang mayoritas berprofesi sebagai para pengrajin batik.

Selain berbelanja batik dan mencoba sbobet sendiri proses membatik, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa bangunan bersejarah di kawasan ini. Seperti Masjid Laweyan yang tersohor, Langgar Merdeka, Langgar Makmoer, dan Museum Haji Samanhudi. Dijamin deh kamu bakal betah berlama-lama berkeliling di Kampung Laweyan ini.

Kampung Batik Kauman

Selain Kampung Batik Laweyan, di Solo terdapat juga Kampung Batik Kauman yang terletak di dalam pusat Kota Solo. Tepatnya sendiri berada di sisi sebelah barat alun-alun utara dari Keraton Kasunanan Surakarta. Konon katanya, dahulu kampung ini di huni oleh para abdi dalam keraton, maka tidak heran lokasinya sendiri yang berada dan berdekatan dengan kawasan Solo.

Meskipun aksesnya lebih mudah untuk dijangkau para wisatawan dibandingkan dengan Kampung Batik Laweyan, tapi anda tidak disarankan untuk menggunakan mobil ataupun becak untuk berkeliling kampung ini. Sebab jalanan yang ada di area Kampung Batik Kauman ini terbilang cukup sempit. Lebih baik anda berkeliling dengan berjalan jalan kaki, sambil menikmati keindahan dan juga bangunan tempo dulu yang ada di sana.

Sama halnya juga dengan di Laweyan, di Kauaman anda juga nantinya bisa membeli batik sekaligus juga anda bisa melihat, bahkan mencoba proses pembuatannya secara langsung. Meskipun sama-sama menawarkan kerajinan batik, tentu ada beberapa perbedaan antara batik yang ada di Laweyan dan Kauman. Perbedaan yang paling kentara yaitu adalah pada motif batiknya. Batik Laweyan yang biasanya lebih menonjolkan warna-warna terang, sementara untuk batik Kauman cenderung dengan warna gelap seperti coklat dan juga hitam, dengan sentuhan yang juga lebih modern.

Kampung Mural Joho

Buat anda yang memang hobi berswafoto, jangan lupa untuk datang ke Kampung Mural Joho yang terdapat di kawasan Manahan, Solo. Di sini anda akan disuguhi dengan deretan tembok bergambar yang cukup artistik dan tentunya sangat instagramable. Sesuai juga dengan namanya, kampung ini memang sengaja memajang berbagai macam lukisan mural di sepanjang jalan masuk ke kampung.

Awalnya Kampung Mural Joho ini digagas oleh seorang warga setempat yang bernama Marjanto yaitu pada tahun 2009 silam. Ide tersebut tercetus atas keprihatinan yang dirasakan Marjanto mengenai kampungnya yang tidak yang tidak dikenal oleh masyarakat, sebab terbilang kecil dan hanya dihuni sekitar 77 keluarga.

Saat itu ia mulai membuat sebuah mural bersambung Presiden Joko Widodo, yang saat itu masih menjabat sebagai walikota surakarta. Meskipun pada awalnya ditentang oleh warga, tetapi setelah memberikan pengertian akhirnya Marjanto justru mendapat dukungan dari beberapa warga setempat. Selain mural bergambar Presiden Joko Widodo, ada pula tokoh-tokoh lainnya mulai dari pemain sepak bola hingga tokoh-tokoh pewayangan. Anda tidak perlu ragu nantinya untuk berkunjung ke Kampung Mural Joho ini, karena warga setempat akan menyambut anda dengan sangat ramah.

Kampung Blangkon Serengan

Jika anda ingin membawa oleh-oleh khas solo yang tidak biasa, anda bisa membeli blankon. Bagi anda yang belum tahu blangkon, blangkon merupakan jenis penutup kepala yang terbuat dari kain batik dan biasanya dipakai sebagai pelengkap pakaian adat dari jawa tengah. Nah, selain anda bisa membeli blangkon di toko, anda juga bisa mendapatkannya langsung dari pengrajinnya.

Datang ke Kampung Potrojayan, Serengan, Solo disana anda akan menemukan Kampung Blangkon Serengan yang sudah cukup terkenal. Disebut demikian karena hampir seluruh warga yang ada disana memang berprofesi sebagai seorang pengrajin blangkon. Tak hanya blangkon khas Solo dan juga Jogja saja yang bisa anda bawa pulang, ada pula blangkon model Madura, Betawi, dan juga blangkon Bali. Namun, untuk ketiga model tersebut anda harus memesannya terlebih dahulu.

Kampung Kemlayan

Terakhir ada Kampung Kemlayan. Berbeda dari keempat kampung sebelumnya yang sudah kita bahas. Di kampung ini tidak ditemukan pedagang batik, blangkon, maupun juga lukisan mural yang di sepanjang tembok kampungnya. Tetapi disini anda bisa menikmati tempat-tempat yang bersejarah yang berhubungan dengan seni tari
karawitan khas Jawa Tengah, terutama Solo.

Sebut saja seperti halnya Ndalem Handoyoningrat ataupun Studio Sonosenisolo, yang konon pada tahun 1811 sendiri pernah menjadi tempat tinggal dari selir Mangkunegara VII. Barulah kemudian pada tahun 1997 bangunan tersebut dibeli oleh seorang seniman kondang yang berasal dari Kota Bengawan, Sardono W Kusumo. Kemudian dijadikan sebagai sebuah tempat rekreasi, pementasan tari, serta sebuah sarana pembelajaran bagi para mahasiswa Pascasarjana dari Institut Seni Indonesia Surakarta.

Selain mengorek sejarah dari Ndalem Handoyoningrat, anda juga nantinya akan bisa mengunjungi beberapa tempat bersejarah lainnya yang ada di kampung seniman ini seperti halnya, Rumah Abdul Fattah, dalem Roeshadi Widjojo, Rumah Gan Kam, Sumur Bandung, Sumur Kamulyan, dan juga Ndalem Prodjoloekitan.

Nah, itu dia beberapa kampung seni yang ada di Solo yang tentunya anda kunjungi. Di kampung seni tersebut anda nantinya bisa berwisata sambil belajar berbagai macam kesenian dan budaya yang ada di Solo. Hal tersebut akan sangat menarik, karena anda juga tidak hanya mendapatkan keseruan saja tapi mendapatkan ilmu kebudayaan yang bermanfaat.

Manfaat Wisata Budaya yang Wajib Diketahui

Berwisata saat ini adalah sebuah tuntutan dan gaya hidup di mana berwisata menjadi salah satu cara untuk dapat menghilangkan stres dan kepenatan saat bekerja. Berwisata juga menjadi sebuah gaya hidup di era modern seperti yang sekarang ini bukan hanya sekedar kegiatan yang berbasis berdasarkan hobi belaka. Wisata sekarang menjadi berkembang dengan sangat baik di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda yang sekarang ini Sangat gemar pergi ke tempat-tempat wisata.

Manfaat Wisata Seni & Budaya

Salah satu faktor penyebab maraknya Sebuah gaya hidup wisata adalah ah karena internet dan juga media sosial, di mana sebagian informasi si A mengenai berbagai macam objek wisata dan pariwisata dapat mudah diakses atau dilihat. Serta tuntutan eksistensi dari media sosial sbobet88 yang menyebabkan kan sekarang ini anak-anak muda ingin mengeksplor daerah-daerah yang tentunya belum dikunjungi oleh banyak para wisatawan. Wisata juga bisa menjadi sebuah magnet seperti banyaknya jenis dari tempat wisata tersebut. Seperti contoh ada yang lebih suka berwisata ke alam, namun ada juga yang gemar berwisata di kota metropolitan Hal inilah yang membuat banyaknya objek wisata yang bermunculan menyuguhkan sesuatu hal yang baru yang dahulu tidak ada.

Salah satu jenis dari wisata budaya yang saat ini mungkin saja cukup dan sering dilakukan di Indonesia adalah wisata budaya wisata budaya sendiri merupakan sebuah kegiatan dari pariwisata yang biasanya akan dilakukan oleh pihak-pihak tertentu seseorang atau sekelompok orang dengan cara mengunjungi tempat-tempat tertentu dan juga mengeksplor hal-hal baru belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan cara mengunjungi tempat-tempat tertentu dengan tujuan untuk mempelajari sesuatu daya tarik dari budaya dan memanfaatkan potensi budaya tersebut dari tempat yang dikunjungi. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa jenis wisata dan budaya antara lain nya:

  • Wisata religi : yang di mana Di tempat wisata ini biasanya dilakukan oleh orang-orang dengan satu kepercayaan utama untuk menjunjung tinggi tempat-tempat yang menurut mereka memberikan Aura spiritual.
  •  Wisata edukasi: Yang dimana biasanya wisata jenis ini akan dilakukan oleh orang atau anak-anak yang dimana mereka dengan tujuan untuk mempelajari sesuatu dari objek wisata yang dikunjunginya.
  • Wisata sejarah : jenis wisata yang satu ini biasanya dilakukan oleh orang-orang dengan tujuan agar mengetahui sejarah atau mempelajari masa lalu dari beberapa objek wisata yang dikunjungi.
  • Wisata kota : yang dilakukan dari wisata ini biasanya orang-orang akan mengunjungi kota lain di mana kota tersebut mempunyai ciri khas atau keunikan tersendiri yang dapat dipelajari.
  • Wisata adat: dalam wisata yang satu ini biasanya akan dilakukan oleh orang-orang dimana orang tersebut akan mengunjungi objek wisata adat dengan tujuan untuk mengetahui berbagai macam pola, kebiasaan, adat istiadat, arsitektur serta kebiasaan masyarakat adat dari kota tersebut.
  • Wisata seni : yang biasanya dilakukan dalam wisata seni yang di mana orang-orang akan mengunjungi sebuah objek wisata tertentu yang memiliki sebuah kesenian yang unik yang tidak ada di tempat lain. Baik itu wisata yang memiliki kesenian seni pertunjukkan ataupun seni rupa lainnya.

Wisata budaya yang ada di Indonesia sendiri sangat banyak dan beragam bentuk dan juga tujuan destinasinya karena pada dasarnya adalah Indonesia sendiri Memang negara seni dan juga negara yang kaya akan berbagai macam budaya. Hal itu dikarenakan keanekaragaman suku dan juga ras yang ada di Indonesia dimana hal tersebut membuat terciptanya berbagai macam konsep kebudayaan. Oleh karena itu juga pada saat ini untuk wisata budaya yang dimana hal tersebut juga sangat cukup marak sekarang ini dikunjungi baik untuk wisatawan lokal maupun juga wisata mancanegara.

Bahkan sekarang ini banyak juga wisatawan mancanegara yang juga ingin tinggal di Indonesia untuk dapat lebih lanjut mempelajari keanekaragaman budaya dan seni masyarakat Indonesia. Bukan hanya itu saja dengan melakukan wisata budaya para wisatawan juga dapat mengenal banyak manfaat dan juga mengenal banyak tradisi adat. beberapa manfaat wisata budaya ya Seperti contohnya sebagai berikut:

Melestarikan budaya

 untuk manfaat wisata budaya yang pertama tentu saja hal ini berhubungan dengan banyaknya budaya. Dengan melakukan wisata budaya sendiri artinya dapat mengunjungi banyak objek wisata budaya, tentu saja wisatawan juga turut andil bagian dalam usaha untuk melestarikan budaya tersebut. Di mana hal tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung. Wisatawan juga yang datang pastinya memiliki banyak tujuan tertentu Namun apapun tujuannya kehadiran mereka tentunya untuk mengunjungi objek wisata tersebut merupakan salah satu upaya yang baik untuk terus melestarikan budaya yang ada ada. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi pariwisata yang ada di suatu daerah atau tempat karena dengan mengunjungi nya artinya ikut serta untuk Mas tarikan budaya tersebut. Hal ini ini akan membantu bangsa untuk mewariskan banyak budayanya secara turun temurun kepada generasi selanjutnya.

Menambah wawasan kebudayaan

 selain hal ini dapat bermanfaat untuk melestarikan sebuah kebudayaan tertentu, wisatawan yang datang ke sebuah objek wisata budaya sudah pasti biasanya memiliki sebuah keuntungan yang dapat menambah wawasan mereka mengenai kebudayaan sebuah Daerah atau wilayah tersebut secara langsung. Misalnya saja seperti orang yang datang ke sebuah Candi maka nantinya orang tersebut pasti akan mempelajari segala seluk-beluk mengenai Candi tersebut beserta latar belakang dan juga kisahnya. Tentunya mereka akan mendapatkan wawasan yang lebih luas dari objek wisata tersebut yang sudah dikunjungi dalam segi hal kebudayaan.

Mempelajari sejarah

salah satu dari jenis wisata Budaya adalah sebuah wisata sejarah yang dimana Dengan melakukan sebuah wisata sejarah tentunya Hal ini dapat menambah sebuah wawasan yang akan mempelajari sejarah suatu bangsa secara lebih langsung dan juga lebih terperinci dari sumbernya. Misalnya saja dengan mengunjungi sebuah museum. Yang dimana nantinya wisatawan sendiri akan menelusuri kisah sejarah serta menemui banyak bukti otentik yang ada di dalam Museum tersebut. Hal ini tentunya akan membuat wisatawan mampu memahami berbagai macam mengenai sejarah sebuah lokasi dari objek wisata tersebut. Bangsa yang besar yaitu adalah sebuah bangsa yang sangat menghormati dan juga melestarikan sejarahnya. Dan cara untuk menghormati nya adalah dengan melakukannya dan menghormati wisata budaya yang ada di negara tersebut.

 itulah beberapa mengenai keuntungan mengunjungi wisata wisata budaya dan juga tempat sejarah. Dimana Dengan cara mengunjungi tempat sejarah dan juga tempat wisata kita akan diajak langsung untuk belajar suatu kebudayaan di daerah atau tempat tersebut. Dengan kata lain berwisata sejarah sama saja dengan mempelajari kebudayaan suatu daerah tersebut dan juga menghormatinya.

Tugas kita sebagai para generasi penerus dimana harus melestarikan sebuah kebudayaan dan juga wisata sejarah yang ada di negara Indonesia dengan cara mengunjungi dan juga melestarikannya. Hal itu adalah salah satu bentuk dari rasa syukur dan juga rasa bangga terhadap sebuah kebudayaan yang Indonesia miliki. Semoga dengan adanya informasi ini Tentunya dapat bermanfaat untuk kita.Terimakasih.

Berwisata Di Pusat kesenian Yogyakarta

kalian tahu pastinya kalau Jogjakarta itu menjadi salah satu kota wisata yang paling banyak sekali didatangi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Terlebih lagi adanya tempat-tempat wisata yang memang memberikan kebudayaan tersendiri contohnya seperti adanya candi di Prambanan, ada juga pantai Parangtritis, dan yang terkenal lagi adalah pasar Malioboro.di mana di semua tempatnya itu memang memberikan banyak sekali kebudayaan kebudayaan di zaman dulunya. Selain daripada itu tempat-tempat tersebut juga memiliki banyak sekali akan mitos-mitos yang beredar terutama sekali di candi nya dan juga di Parangtritis. Jika kita datang ke candinya terus bisa meletakkan tangan kita ke dalam satu golongan arca lalu kita bisa menyentuh di bagian dalamnya maka akan mendapatkan keberuntungan itu mitos salah satu yang paling terkenal dan untuk di Parangtritis apabila kalian memakai baju hijau maka disarankan tidak boleh memasuki area pantai tersebut dikarenakan, itu merupakan salah satu warna baju yang disukai oleh pantai laut selatan yakni NYI Roro Kidul.

Kalau seperti itu kalian masih bisa menikmati beberapa tempat wisata yang ada di Yogyakarta yakni kotanya wisata kuliner terkenal gudeg. Untuk bisa memperkaya wawasan kesenian budaya kalian maka langsung saja ini kalian bisa datangi tempat-tempat berikut ini. Sudah pasti deh kalian bisa mendapatkan sedikitnya wawasan mengenai budaya yang ada di Yogyakarta dengan sangat mudah.

TEMPAT WISATA YANG MEMBERIKAN WAWASAN DI JOGJAKARTA

# TEMPAT WISATA RUMAH BUDAYA TEMBI

Untuk yang pertama kali kita langsung pesan ke kalian mengunjungi wisata rumah budaya Tembi. bagi kalian yang sudah memiliki anak maka boleh ni mengajaknya untuk menambah wawasan di tempat rekreasi yang satu ini. rumah budaya ini berada di kabupaten Bantul yang memang menjadi tempat yang bisa kalian kunjungi untuk mendapatkan sedikitnya kisah-kisah sejarah serta kesenian budaya Jawa dengan suasananya yang sangat asri.

di tempat ini pun memang banyak sekali kegiatan seni oleh masyarakat lokal atau masyarakat sekitar ya memang menampilkan serta menghibur para pengunjungnya tersebut. untuk bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik lagi kalian bisa nih langsung saja bermalam di penginapan bernama ” bale inap” yang masih terdapat di dekat kawasan rumah budaya Tembi. suasananya memangkas banget daerah Jawa dan hari-hari kalian selama mengikuti beberapa program kebudayaan lalu menyatakan adanya hidangan tradisional, membaca buku di perpustakaan serta mengunjungi desa Tembi ini menjadi lebih fit lagi.

# TEMPAT DESA WISATA KREBET

masih sama tempatnya itu di kawasan Bantul juga di mana desa krebet ini menjadi salah satu desa yang terkenal sebagai salah satu kawasan wisata yang memang menampilkan kerajinan kesenian seperti batik kayu. nah disini kalian bisa mendapatkan semua proses mengenai pembentukan kayu yang memang masih dilakukan dengan cara manual oleh para pengrajin sekitar. dari hasil kerajinan ini biasanya sih bisa dibuat sebagai souvenir pesta serta beberapa nya juga ada yang dibuat untuk dekorasi rumah.

untuk kalian yang mau menambah wawasan bisa langsung mengikuti kelas membatik kayu dari para ahlinya tentu saja dan nantinya akan bisa lanjut menginap di homestay yang memang sudah disediakan langsung oleh pengelola tersebut.Jangan risau Kalian juga bisa menikmati makanan khas Jogja yang nantinya akan mendapatkan perlakuan spesial maksudnya makanan ini dimasak langsung oleh para penduduk desa di sini dan rasanya pasti deh endul banget!!

# TEMPAT WISATA YAKNI DESA KASONGAN

jika kalian masih berada di kawasan Bantul lagi-lagi kalian bisa ni langsung saja mengunjungi desa kasongan. yang di mana desa ini secara khusus juga sudah sangat terkenal sebagai salah satu sentra gerabah di Yogyakarta. Saat kalian memasuki gapura dari desa tersebut maka kalian bisa langsung melihat banyak sekali toko toko penjual gerabah di kanan kiri jalan yang kalian melalui titik nadi beberapa tokoh ini kalian bisa nih sedikitnya singgah sebentar dan langsung melihat proses dari pengrajin lokal yang sedang menciptakan gerabah cantik di desa tersebut.

desa kasongan ini kurang lebih sudah ada sejak abad ke-17 yang memang dari dulu nya selalu menyediakan yang namanya program minat wisata kesenian budaya bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. disini kalian bisa kok untuk mengajukan diri kalian untuk mengikuti kursus dalam membuat gerabah dengan jangka waktu kurang lebih 1 bulan jadinya kalian bisa mendapatkan pengalaman yang lebih seru lagi bukan syukur-syukur nanti setelah kalian balik dari Jogja bisa langsung membuka usaha gerabah cantik ini. Jadinya wisata kalian benar-benar bermanfaat kan?

# TEMPAT WISATA MUSEUM AFFANDI

Nah ada yang sudah pernah denger nggak nih nama Afandi? Kalian tidak pernah mendengarnya… oke jadi jika kalian ingin mengenali kesenian sambil berwisata selanjutnya bisa nih langsung datang ke tempat maestro seni lukis. sudah pasti dong maestro ini bernama Affandi. untuk alamatnya sih masih di Jogjakarta khusus lagi di jalan laksda Adi Sucipto. di sini Affandi memang mendirikan sebuah studio lukis yang langsung dinamakan dengan museum Affandi.

Dalam museum ini terdiri dari 300 lebih karya Affandi yang juga ditambahkan dengan adanya keberagaman lukisan dari maestro maestro lainnya yang berasal di Indonesia. Selain adanya lukisan yang penuh warna dan warna ini, arsitektur yang ditampilkan pada musim ini juga cukup unik kok sampai pada lokakarya melukisnya menjadi hal yang menarik dan siap memanjakan kalian saat berada di dalam museum tersebut. Selain itu di sini yang cukup unik adalah kalian bisa membooking waktu untuk melihat benda-benda keluarga Affandi melukis secara langsung di depan hadapan kalian titik jarang-jarang bukan melihat sang maestro bisa langsung melukis di hadapan kalian.

# TEMPAT WISATA MUSEUM ULLEN SENTALU

jika tadi kalian sudah menikmati museum Affandi saat ini masuk lagi ke museum ullen sentalu. Museum ullen sentalu ini adalah sebuah tempat yang memang dikhususkan bagi kalian untuk bisa mengenali kebudayaan Jawa sekaligus bisa menikmati yang namanya kesegaran kota. Musim sendiri berdiri pada area dengan luas 1,2 hektar yang langsung memiliki ruangan pameran, toko-toko kerajinan, sampai adanya restoran untuk kalian bisa mencicipi wisata kuliner di Jogja.

selain daripada itu museum ini juga memiliki arsitektur yang dikemas sedemikian rupa agar kalian sebagai para pengunjung atau para tamu dari museum ullen sentalu ini bisa benar-benar merasakan adanya kemegahan dari kebudayaan leluhur di Jogja sana. Jika tadi di museum Affandi kalian hanya melihat 300 lebih koleksi lukisan Affandi beserta keluarganya dan beberapa maestro lukisan yang ada di Indonesia maka, koleksi-koleksi yang satu ini sedikit berbeda dan lebih bervariatif. Dimana disini terdapat koleksi benda seni yakni lukisan, foto-foto bersejarah dari kebudayaan Mataram, adanya arca pada kerajaan hindu-budha, karya-karya sastra sampai pada kain batik Belanda serta koleksi etnografi yang ada pada masa Mataram Islam. sudah pasti kalian yang masuk ke museum ullen sentalu ini bisa mengikuti alur dari tour wisata dengan mendapatkan banyak sekali informasi dari isi museum itu sendiri. Dijamin deh kalian masuk ke museum ini tidak akan merasakan bosan.